Monday, February 3, 2020

Cara Mengatasi Hangnail, Kulit Lancip yang Sering Nongol di Dekat Kuku Jari Tangan atau Kaki

Cara Mengatasi Hangnail, Kulit Lancip yang Sering Nongol di Dekat Kuku Jari Tangan atau Kaki

Cara menanggulangi hangnail

Rasanya nyaris semua orang setuju bila cantengan yang seringnya muncul di sekitar kuku jari kaki tersebut amat paling mengganggu dan buat ngilu. Sama halnya dengan timbulnya kulit yang mengelupas di samping kuku jari tangan atau kaki. Dalam istilah bahasa Inggris, situasi ini disebut hangnail.

Separah apa sih hangnail ini? Terus, gimana teknik mengatasinya biar aman sampai-sampai kuku jarimu nggak kesakitan? Jadi begini…

Kondisi kulit yang kering dan tidak cukup kelembapan lebih rentan terhadap kemunculan hangnail

Meski nyaris setiap orang pernah mengalaminya, hangnail lebih rentan muncul saat kulit lagi kering. Kulit yang kering lebih rentan terhadap kehancuran dari unsur-unsur laksana cuaca dingin atau air, yang dapat memicu pemisahan kulit, seperti dikutip KCBJ. Jadi bila kamu nggak teratur pakai pelembap atau losion, lagipula cuacanya ingin kering, hangnail ini bakalan mampir.

Meski hangnail ini paling menjengkelkan dan dapat mengganggu aktivitas, tidak boleh sekali-kali unik dan mencabutnya, ya!

Hangnail seringkali berada di ujung jari di sekitar kuku. Bentuknya yang tidak banyak tajamlah yang buat kita tergoda guna mencabutnya. Padahal, ada tidak sedikit saraf serta pembuluh darah di lokasi ini, bila kamu asal mencabutnya, dapat jadi justeru radang dan bengkak sebab ujung saraf tertekan. Bahkan nggak jarang terbit nanah.

Kamu dapat potong kulit yang mencuat ini dengan pemotong kuku, namun hati-hati, ya!

Karena hangnail ini agak sulit dicukur dengan gunting, sebaliknya pakai pemotong kuku dan potong unsur yang mencuat sampai ujungnya, tapi tidak boleh terlalu dalam sebab malah sakit. Kalau hangnail terlanjur bengkak sebab gesekan atau kekeliruan saat men-treatment-nya, rendam unsur jari yang bengkak dengan air hangat. Kalau telah kering dan lembut, oleskan losion, krim, atau minyak pelembap lainnya.

Nah, biar kuku jarimu terbebas dari hangnail, jaga kelembapan kulit telapak tangan dan kakimu dengan krim atau losion pelembap. Jangan lupa pun untuk minum air putih pun asupan vitamin E yang cukup, ya!

No comments:

Post a Comment